Header Ads

Aplikasi Stock Screener, Mencari Emiten "Perkasa" Tanpa Perlu Banyak Usaha

Setiap investor saham, baik yang beraliran Fundamentalis ataupun Teknikalis, pasti membutuhkan informasi tentang emiten-emiten yang ada di bursa. Bagi seorang Fundamentalis, informasi dasar Laporan Keuangan seperti Aset, Equity, Debt, Revenue, Profit, Deviden ataupun informasi rasio seperti PBV, PER, EPS, DER, ROA, ROE, dll mutlak diketahui. Hal ini dikarenakan di semua buku tentang Bertransaksi di Bursa Saham, investor diwajibkan untuk memilih emiten-emiten dengan syarat-syarat tertentu seperti PBV harus di bawah 1.5, DER tidak boleh lebih dari 2, PER kurang dari 15, dan seterusnya. Sedangkan bagi seorang Teknikalis, perbandingan statistik seperti Moving Average, Stochastic, RSI, dan lain-lain adalah dasar untuk mengambil keputusan.

Masalahnya adalah, bagaimana menemukan saham dengan PBV kurang dari 1, DER kurang dari 2, PER kurang dari 15, sekaligus tren Moving Average yang naik ? Bagi investor baru, menyaring lebih dari 500 emiten di Bursa Saham Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah dan tentunya membutuhkan waktu. Setidaknya, itulah yang penulis alami, ketika baru berkecimpung di dunia saham. Dulu untuk menyaring (atau screening) saham yang "bagus" penulis membutuhkan waktu seharian penuh atau bahkan lebih. Mulai dari menentukan apakah akan langsung screening saham LQ45 atau Kompas100, kemudian dari 100 emiten di Kompas100 (misalnya kita memilih Kompas100), kita harus membuat list dalam bentuk Ms Excel, membaca laporan keuangan masing-masing emiten dari website IDX, menemukan Shared Stock, Equity, Debt, Revenue, Deviden, dll. Kemudian baru bisa dicari PBV nya, DER nya, EPS nya, Nilai Intrinsik nya, dan lain-lain. Tentu bukan pekerjaan yang mudah.

Kabar baiknya, sekarang investor bisa dengan mudah menyaring emiten-emiten yang sesuai dengan kriteria kita, hanya dengan sekali Click. Pekerjaan yang biasanya dilakukan seharian penuh, kini bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik. Hebat bukan?

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan mengakses halaman website: https://www.indopremier.com/ipotstock/marketanalysis.php?page=stockscreener atau https://id.investing.com/stock-screener/

Kita hanya perlu memasukkan indikator-indikator yang kita inginkan, dan Click Search, maka Emiten yang kita impi-impikan akan keluar seketika. Mudah bukan? Silahkan mencoba!

(Gambar 1. Halaman Awal Indo Premier Stock Screener)

(Gambar 2. Tampilan Hasil Screener)


Tidak ada komentar